Selasa, 12 September 2017

Tips dan trik lulus tes Samapta TNI POLRI



Menjadi seorang abdinegara bukan perkara yang mudah,karena untuk menjadi seorang abdinegara tidak cuma dibutuhkan otak yang cerdas tapi harus memiliki mental dan fisik yang kuat. mungkin untuk yang belum tahu apa saja materi tentang penerimaan prajurit baik itu Tamtama, Bintara, Perwira :

1. Tes Administrasi 

2. Tes Kesehatan 

3. Tes Jasmani 

4. Tes akademik 

5. Tes wawancara dan Psikotes


pada tahap - tahap tes ini yang paling sering ditakuti bagi calon prajurit yang ingin mendaftar adalah tes jasmani. Karena tes Jasmani harus dipersiapkan mulai jauh jauh hari dan harus dilakukan latihan secara teratur dan bila perlu kita butuh seorang pelatih untuk mengawasi pola latihan jasmani anda. Menggunakan jasa pelatih tentu saja membutuhkan biaya tambahan yang tidak sedikit juga, kecuali anda memiliki kerabat atau keluarga yang bisa melatih anda tanpa biaya atau gratis. 

berikut ini materi mengenai tes jasmani yang harus anda persiapkan dari sekarang : 

1. Tes Lari 12 menit


dalam tes ini anda harus berlari selama 12 menit tanpa berhenti. tes lari 12 menit ini nilainya sangat penting apabila anda dapat melakukan nya lebih dari 6 putaran. Cara melatih agar dapat berlari 12 menit dengan maksimal adalah dengan cara cara berikut : 

- pertama
 lari 4 putaran, lari ini bertujuan untuk membiasakan otot kaki anda agar terbiasa. lakukan lari ini 2 hari sekali dalam waktu kurang lebih 1 - 2 minggu latihan 

- kedua 
tambah jumlah putaran anda yang awalnya 4 putaran menjadi 4 ½ atau 5 putaran dan masih tanpa waktu. ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anda berlari lakukan kegiatan ini 2 hari sekali dalam kurun waktu 1 minggu 

-ketiga 
tingkatkan jumlah putaran anda sebelumnya menjadi 6 putaran. lakukan lari 5 ½ putaran lari biasa dan ½ lari sprint dan masih tanpa diukur menggunakan waktu. lakukan secara teratur 2 hari sekali dalam kurun waktu 1 minggu 

-keempat 
cobalah lari 6 putaran dengan di awasi pengawas untuk mencatat waktu anda selama anda berlari 6 putaran. apabila anda sudah mencapai 6 putaran dalam waktu 12 menit terus tingkatkan jumlah putaran dengan melakukan lari sprint pada menit ke 10-12 untuk meningkatkan jumlah putaran anda. 

2. Tes Samapta A (Push Up, Sit Up, Pull Up, Shuttle Run) 


-Push Up 
 untuk mencapai nilai 100 dalam melakukan Push Up ini anda harus melakukannya 42 kali dalam waktu 1 menit. Untuk melatih Push up yang benar dan mendapatkan hitungan anda harus melakukanya dengan rutin / continue, artinya jika kita dalam minggu pertama  anda dapat melakukan sebanyak 15 kali, maka pada minggu kedua anda harus meningkatkan nya menjadi 20 atau 25 kali. lakukan secara rutin 2 kali sehari dan tingkatkan selalu jumlah push up anda dari minggu ke minggu. 


-Sit Up 
memang terlihat mudah jika kita melakukan Sit up, tetapi jangan dianggap remeh karena ini bagian yang sulit untuk mendapatkan nilai 100 anda harus melakukan Sit Up sebanyak 43 kali dalam 1 menit. untuk melatih ini anda harus melakukannya sesering mungkin agar perut anda tidak kaget dan menyebabkan perut  kram. lakukan gerakan dengan benar, kaki ditekuk sekitar 45⁰ dan agak terbuka sedikit tangan menyilam dibelakang kepala, lakukan gerakan Sit Up saat naik salah satu siku masuk ke bagian antara kaki lakukan secara bergantian.

- Pull Up
Tes ini yang paling sering ditakuti oleh banyak orang, maka dari itu anda harus menyiapkan nya dari sekarang. untuk nilai 100 dalam Pull up adalah 18 kali. memang terdengar sulit tapi apabila kita berlatih mulai sekarang tidak ada yang tidak mungkin. untuk latihan awal Pull Up anda harus menggantung terlebih dahulu selama 1 menit, lakukan kegiatan itu selama 1 minggu. Apabila sudah merasa kuat coba anda naik sampai dagu anda melebihi tiang dan jaga badan agar anda tetap lurus, lakukan secara rutin dan tingkatkan jumlah Pull Up anda. 



-Shuttle Run

untuk mendapat nilai 100 dalam melakukan Shuttle Run ini anda harus berlari membentuk angka 8 sebanyak 3 kali putaran dalam waktu kurang dari 18 detik. anda haru berlari secepat mungkin tanpa tergelincir. tips untuk lari shuttle run adalah anda jangan lari dengan seluruh bagian kaki, lari lah dengan kaki bagian depan, dan condongkan badan anda kedepan untuk mendapatkan aerodinamis dalam lari. 




sekian Tips dan trik yang saya bagikan kepada anda,Semoga anda yang membaca artikel ini mendapat informasi yang anda butuhkan dan semoga anda menjadi bagian dari Abdinegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar